Pelaksanaan Program Rumah Pintar Pemilu Sebagai Sarana Pendidikan Pemilih (Studi Pada Rumah Pintar Pemilu Di KPU Kota Pariaman)

Sari, Luthfia (2020) Pelaksanaan Program Rumah Pintar Pemilu Sebagai Sarana Pendidikan Pemilih (Studi Pada Rumah Pintar Pemilu Di KPU Kota Pariaman). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_LUTHFIA_SARI_300_15052109_2020.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan program Rumah Pintar Pemilu sebagai sarana pendidikan pemilih, (2) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi oleh KPU Kota Pariaman dalam pelaksanaan program Rumah Pintar Pemilu sebagai sarana pendidikan pemilih, dan (3) mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan oleh KPU Kota Pariaman dalam pelaksanaan program Rumah Pintar Pemilu sebagai sarana pendidikan pemilih. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Pariaman. Penetapan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Rumah Pintar Pemilu sebagai sarana pendidikan pemilih, KPU Kota Pariaman telah melakukan beberapa program seperti (1) Melakukan KPU Goes to School dan KPU Goes to Campus, (2) Mengundang pemilih pemula datang ke RPP, (3) Melakukan KPU pentas seni atau dance jingle pemilu. (4) Melakukan Pemilu Run dalam rangka memperingati sepuluh hari menjelang pelaksanaan pemilu serentak 2019. Sedangkan hambatan yang dihadapi oleh KPU Kota Pariaman yaitu (1) KPU Kota Pariaman masih kekurangan sumber daya manusia (SDM), (2) sarana dan prasana yang masih belum memadai, (3) terbatasnya kewenangan dalam membuat program yang telah ditetapkan oleh KPU RI, dan (4) antusias masyarakat yang tidak mendukung. Upaya yang dilakukan KPU Kota Pariaman dalam pelaksanaan program RPP yaitu melakukan sosialisasi melalui media online serta ajakan menggunakan hak pilih di TPS, serta melengkapi sarana dan prasarana pada RPP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:13
Last Modified: 26 Aug 2021 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33113

Actions (login required)

View Item View Item