Pelaksanaan dan Partisipasi Mahasiswa dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Padang dengan Menggunakan Sistem Elektronik Voting (E-Voting)

Rahman, Ikhsanur (2020) Pelaksanaan dan Partisipasi Mahasiswa dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Padang dengan Menggunakan Sistem Elektronik Voting (E-Voting). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_IKHSANUR_RAHMAN_189_15052078_2020.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh mengapa partisipasi mahasiswa dalam pemilihan presiden dan wakil presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Padang (BEM UNP) itu rendah walaupun sudah menggunakan sistem Elektronik Voting serta kurangnya kesadaran mahasiswa akan pentingnya menggunakan hak pilih dalam pemilihan presiden dan wakil presiden BEM UNP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana partisipasi mahasiswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi mahasiswa dalam pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden BEM UNP dengan menggunakan sistem Elektronik Voting (E-Voting). Penilitian ini penting dilakukan karena e-voting dalam pemilihan presiden dan wakil presiden BEM UNP sudah mengunakan hak pilihnya, namun tetap saja mengapa partisipasi mahasiswa itu rendah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi mahasiswa dalam pemilihan presiden dan wakil presiden BEM UNP dengan menggunakan sistem Elektronik Voting (E-Voting) masih rendah terutama pada tahun 2019 ini yang hanya berkisar 27% sedangkan 77% lagi tidak menggunakan hak pilihnya. Partisipasi mahasiswa yang rendah dapat ditinjau dari beberapa factor-faktor tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi mahasiswa ini adalah kepemimpinan, pendidikan, serta komunikasi. Faktor lain yang menurut penulis juga mempengaruhi partisipas mahasiswa dalam pemilihan presiden dan wakil presiden BEM UNP antara lain adalah sosialisasi, kinerja tim sukses dalam hal ini yaitu kampanye, popularitas pasangan calon, serta akses dari sistem E-Voting itu sendiri. Dapat disimpulkan bahwa partisipasi mahasiswa dalam pemilihan presiden dan wakil presiden Badan Eksekutif Mahasiswa masih tergolong rendah walaupun sudah menggunakan sistem elektronik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:13
Last Modified: 26 Aug 2021 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33109

Actions (login required)

View Item View Item