Gambaran Minat Belajar Siswa Terhadap Gaya MengajarGuru Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Pembangunan Laboratorium UNP..

Sari, Monika Aprila (2020) Gambaran Minat Belajar Siswa Terhadap Gaya MengajarGuru Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Pembangunan Laboratorium UNP.. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_MONIKA_APRILA_SARI_1394_15046100_2020.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari fenomena lapangan terlihat perbedaan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah selama mengikuti pembelajaran dikelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa terhadap variasi gaya mengajar guru di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa di SMA Pembangunan Laboratorium UNP kelas XI dari 196 siswa dan mengambil responden sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan skala pengukuran skala likert yang dianalisis secara statistik, dan analisis data dengan menggunakan perhitungan presentase dan pengkategorian sangat baik, baik, sedang, kurang dan kurang sekali. Berdasarkan analisis data yang diolah, diperoleh minat belajar siswa terhadap variasi gaya mengajar guru secara umum yaitu baik dan sangat baik. Dilihat pada masing-masing gaya mengajar guru, gaya mengajar klasik, teknologis, dan personalis berada pada kategori baik. Sedangkan gaya mengajar yang sangat diminati siswa yaitu gaya mengajar interaksional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Kecenderungan gaya mengajar guru yang digunakan dalam pembelajaran sejarah yaitu guru A cenderung menggunakan tiga gaya mengajar yaitu gaya mengajar klasik, personal dan interaksional. Sedangkan guru B cenderung menggunakan satu gaya mengajar yaitu gaya mengajar interaksional. Gaya mengajar yang terbaik dari keempat gaya mengajar tersebut adalah gaya mengajar interaksional. Kegiatan guru yang paling diminati siswa yaitu (1) Siswa senang jika peran guru lebih dominan ketika belajar (2) Siswa senang dengan pembelajaran yang bersifat menunggu dan menerima pelajaran dari guru, (3) Siswa memperhatikan jika isi pelajaran berupa sejumlah informasi dan ide yang paling populer dan dipilih dari dunia yang diketahui siswa, (4) Siswa tertaik dengan pembelajaran menggunakan perangkat/media, (5) Siswa memperhatikan jika guru bertindak sebagai narasumber dalam belajar, (6) Siswa senang dengan peran guru dan siswa samasama dominan, (7) Siswa terlibat jika dalam belajar adanya hubungan dialog antara guru dan siswa, (8) Siswa terlibat jika dalam belajar siswa saling mengemukakan pandangan dan pendapat mereka masing-masing, (9) Siswa tertarik dengan pembelajaran yang difokuskan pada masalah-masalah terkini. Sedangkan kegiatan yang kurang diminat siswa yaitu jika peran guru hanya sebagai pemandu, pengarah, dan fasilitator dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:10
Last Modified: 26 Aug 2021 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33080

Actions (login required)

View Item View Item