Tinjauan Historiografi tentang Budaya Merantau dalam Novel Tan sebuah novel ( karya Hendri Teja ) dan Novel Hatta : Aku datang karena Sejarah ( karya Sergius Sutanto

Putra, David Oktavianus (2020) Tinjauan Historiografi tentang Budaya Merantau dalam Novel Tan sebuah novel ( karya Hendri Teja ) dan Novel Hatta : Aku datang karena Sejarah ( karya Sergius Sutanto. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_DAVID_OKTAVIANUS_PUTRA_1411_1302074_2020.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian sejarah yang membahas mengenai kehidupan para pelajar pribumi Hindia yang melanjutkan pendidikannya ke Belanda pada awal abad ke 20 yang tergambarkan didalam novel Tan sebuah Novel karangan Hendri Teja dan Hatta: Aku datang karena Sejarah karangan Sergius Sutanto. Termasuk kedalam penelitian Historiografi. Dengan tujuan penelitian untuk melihat bagaimana novel Tan sebuah Novel dan Hatta: Aku datang karena Sejarah menggambarkan bagaimana keadaan para pelajar pribumi Hindia yang pergi merantau ke negeri Belanda demi menuntut Ilmu yang lebih tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) sebagai sarana menginterpretasikan karya novel Tan sebuah novel dan Hatta: aku datang karena sejarah dalam membicarakan merantau pada awal abad ke 20. Kesimpulan yang diperoleh adalah kedua novel cukup menggambarkan keadaan para pelajar di Belanda. Betapa susahnya perjalanan para pelajar ini dalam menuntut ilmu, mulai dari mahal dan jauhnya negeri Belanda. Perbedaan budaya dan iklim yang sangat jauh dengan yang di Hindia. Hingga pandangan negatif yang muncul di masyarakat Belanda dan tekanan yang diterima dari Pemerintah Belanda akibat pergerakan mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan. Walaupun demikian, kedua novel ini menggambarkannya secara berbeda. Hal ini terjadi akibat perbedaan latar yang dimiliki oleh penulis novel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:09
Last Modified: 26 Aug 2021 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33076

Actions (login required)

View Item View Item