Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Workshop Fabrikasi dan Penerapan K3 terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam di Jurusan Teknik Mesin Ft – UNP

Frimananda, Fauzi (2021) Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Workshop Fabrikasi dan Penerapan K3 terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam di Jurusan Teknik Mesin Ft – UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_FAUZI_FRIMANANDA_15067087_2084_2021.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar mata kuliah Teknologi Pengelasan Logam di jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang (UNP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhi kelengkapan fasilitas dan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan.Juli-Desember 2020..Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan teknik mesin Universitas Negeri Padang (UNP) tahun masuk2018 semester ganjiltahun pelajaran 2019 yang berjumlah 96 mahasiswa, dan sampel penelitian sebanyak 49 mahasiswa menggunakan rumus Slovin. Data.yang.telahdikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS (Statistic Product Service Station) versi 21. Analisis regresi berganda dengan menggunakan uji F yang diperoleh.nilai F hitung besar dari nilai F table, maka dapat disimpulkanbahwa Ha diterima : terdapat pengaruh antara kelengkapan fasilitasworkshop dan penerapan K3 terhadap hasil belajar mata kuliah teknlogipengelasan logam dan Ho ditolak : tidak terdapat pengaruh antarakelengkapan fasilitas workshop dan penerapan K3 terhadap hasil belajarmata kuliah Teknlogi Pengelasan Logam. Besar kontribusi antara kelengkapan fasilitas dan penerapan K3 terhadap hasil belajar sebesar 43,2 % didapat dari rumus koefisien regresi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kelengkapan fasilitas dan penerapan K3 mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:05
Last Modified: 23 Sep 2021 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33044

Actions (login required)

View Item View Item