Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Padang

Puspita, Trully Yetti (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_TRULLY_YETTI_PUSPITA_18138033_1545_2021.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Implementasi media pembelajaran disekolah belum maksimal sehingga siswa kurang aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran maka dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, dan media yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa, dan dibutuhkan media pembelajaran yang dapat di akses dimana saja untuk mendukung pembelajaran mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan media pembelajaran berbasis Quizizz yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Media pembelajaran berbasis Quizizz ini dirancang untuk meningkatkan minat belajar siswa sehingga dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar. Tujuan penelitian ini juga adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis Quizizz yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri sebagai media pembelajaran berbasis Quizizz pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis Quizizz. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Quizizz, (2) Validitas media pembelajaran berbasis Quizizz dinyatakan valid dengan kategori nilai 0,87>0,61, (3) Praktikalitas media pembelajaran berbasis Quizizz berdasarkan dua respon guru dengan nilai rata-rata 89,4 dengan kategori sangat praktis dan 23 respon siswa dengan nilai rata-rata 85,57 dengan kategori sangat praktis, (4) Efektivitas media pembelajaran berbasis Quizizz dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Quizizz valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dasar dan jaringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:06
Last Modified: 24 Aug 2021 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33035

Actions (login required)

View Item View Item