Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya

Tarmizi, Muhammad (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MUHAMMAD_TARMIZI_16061016_1598_2021.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Salah satu dari mata pelajaran yang diajarkan di sekolah menengah kejuruan terkhusus di SMK Negeri 5 Kota Sungai Penuh adalah mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB).Tidak hanya kemampuan membaca gambar tetapi kemampuan menghitung juga diterapkan pada mata pelajaran ini. Kombinasi antara penguasaan gambar teknik dan menghitung adalah kunci penguasaan kemampuan pada mata pelajaran RAB. Penelitian ini merupakan penelitian yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran RAB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research (CAR). Model penelitian tindakan kelas ini, menggunakan model Stephen Kemmis dan Robbin Mc. Taggart.Penelitian ini berbentuk siklus yang berlangsung dua kali siklus, bergantung pada tingkat keberhasilan dari target yang dicapai.Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 5 Kota Sungai Penuh. Jumlah siswa dalam kelas ini 14 siswa. Teknik analisis data dilakukan adalah dengan cara menilai keaktifan belajar siswa dan penilaian hasil belajar. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan jumlah siswa 14 orang, dengan nilai rata-rata 72,86 dan siswa yang mencapai ketuntasan belajar 8 orang yaitu 57,14 %. Pada siklus II dengan jumlah siswa 14 orang, dengan nilai rata-rata 79,29 dan siswa yang mencapai ketuntasan belajar 11 orang yaitu 78,57 %. Pada siklus II ini, nilai rata-rata siswa sudah mencapai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:05
Last Modified: 24 Aug 2021 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33029

Actions (login required)

View Item View Item