Studi Penempatan Sumur Resapan Berdasarkan Nilai Laju lnfiltrasi, Kualitas Fisik Air tanah, dan Tekstur Tanah pada DAS Air Timbalun dan Sungai Pisang di Kota Padang

Zalaff, Fajar lnaqtiyo (2021) Studi Penempatan Sumur Resapan Berdasarkan Nilai Laju lnfiltrasi, Kualitas Fisik Air tanah, dan Tekstur Tanah pada DAS Air Timbalun dan Sungai Pisang di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_FAJAR_INAQTIYO_ZALAFF_1306450_417_2021.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

Airtanah merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi manusia yang ketersediaannya semakin berkurang akibat bertambahnya penduduk. Dimana kawasan resapan yang terletak kearah timur Kota Padang mulai mengalami perubahan tata guna lahan menjadi perumahan, perkantoran, dll. Hal ini menyebabkan berkurangnya daerah resapan air hujan sehingga menyebabkan banjir serta menurunnya kualitas lingkungan terutama airtanah pada DAS Air Timbalun dan Sungai Pisang. Untuk mengurangi banjir pada DAS Air Timbalun dan Sungai Pisang maka dilakukan studi penempatan sumur resapan berdasarkan nilai laju infiltrasi, kualitas fisik airtanah dan mata air, dan tekstur tanah. Penelitian dilakukan di 26 titik pada daerah aluvium dari DAS Air Timbalun dan DAS Sungai Pisang. Dengan data yang diperoleh berupa data kualitas fisik airtanah, tekstur tanah, serta data-data pendukung lainnya. Berdasarkan data yang didapatkan nilai rata-rata laju infiltrasi pada daerah penelitian sebesar 0,058828 cm/menit tergolong pada klasifikasi daerah resapan yang rendah (<0,5 cm/menit). Setelah dilakukan penelitian dengan melihat analisis statistik regresi linier, kualitas fisik air, tekstur tanah, kondisi lithologi batuan, serta penggunaan lahan yang ada pada DAS Air Timbalun dan DAS Sungai Pisang. Maka penempatan sumur resapan tersebar pada 14 titik yang ada pada DAS Air Timbalun dan DAS Sungai Pisang Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Aug 2021 02:47
Last Modified: 20 Aug 2021 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32994

Actions (login required)

View Item View Item