Tingkat Kerentanan Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Bencana Letusan Gunungapi Marapi di Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar

Latifa, EnggaPrima (2019) Tingkat Kerentanan Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Bencana Letusan Gunungapi Marapi di Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_06_ENGGA_PRIMA_LATIFA_4100_14136039_2019.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kerentanan sosial dan ekonomi masyarakat terhadap bencana Gunungapi Marapi di Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasinya adalah seluruh rumah tangga di Nagari Simabur. Jumlah sampel sebanyak 88 responden, 55 responden di Jorong Simabur, 20 responden di Jorong Tanjung Limau, dan 13 responden di Jorong Koto Tuo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi lapangan dan dokumentasidenganteknikanalisisdatayaituskoring. Faktor yang mempengaruhi tingkat kerentanan sosial dalam penelitian ini adalah kepadatan penduduk geografis, kepadatan penduduk agraris, pendidikan, jumlah anggota keluarga, jumlah penduduk usia balita dan lansia atau rasio ketergantungan dan rasio jenis kelamin atau perbandingan jumlah penduduk perempuan dan penduduk laki-laki. Faktor yang mempengaruhi tingkat kerentanan ekonomi dalam penelitian ini ada 3 variabel yaitu pekerjaan, tingkat pendapatandanluaslahanpertanian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kerentanan sosial masyarakat Nagari Simabur terhadap bencana letusan Gunungapi Marapi di Jorong Simabur, Jorong Tanjung Limau dan Jorong Koto Tuo berkategori agak rentan. Parameter yang paling berpengaruh di tiga jorong tersebut adalah kepadatan penduduk geografis, rasio ketergantungan dan rasio jenis kelamin. Tingkat kerentanan ekonomi masyarakat Nagari Simabur terhadap bencana letusan Gunungapi Marapi di Jorong Simabur dan Jorong Tanjung Limau dan Jorong Koto Tuo berkategori agak rentan. Parameter yang paling berpengaruh adalahpekerjaandanluaslahanpertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:17
Last Modified: 19 Aug 2021 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32976

Actions (login required)

View Item View Item