Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Pendingin dan Tata Udara di SMK Negeri 3 Pariaman

Rahmayanti, Dela (2021) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Pendingin dan Tata Udara di SMK Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DELA_RAHMAYANTI_16065018_166_2021.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penilitian bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya penerapan media pembelajaran canva dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik Kelas X Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) di SMKN 3 Kota Pariaman mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Seubjek dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TPTU A sebagai kelas kontrol dan kelas X TPTU B sebeagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan purposive sampling atau berdasarkan dengan tujuan tertentu untuk kesetaraan kedua kelas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan posttest di akhir pembelajaran. Hal ini dinyatakan dari hasil belajar penelitian pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 82,50 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 74, 18. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai thitun~ 2,99 > ttabet 2,672 maka dapat dikatakan terdapat pengaruh signifikan dengan menerapkan media pembelajaran canva dengan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:29
Last Modified: 18 Aug 2021 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32964

Actions (login required)

View Item View Item