Kajian Rencana Pembangunan Pasar Induk Bahan Pokok Hasil Pertanian di Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Padang Tahun 2010-2030

Wanni, Dilla Marfa (2019) Kajian Rencana Pembangunan Pasar Induk Bahan Pokok Hasil Pertanian di Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Padang Tahun 2010-2030. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_06_DILLA_MARFA_WANNI_2587_14136003_2019.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi pelaku ekonomi tentang kesesuaian rencana pembangunan pasar induk bahan pokok hasil pertanian di Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Lokasi yang direncanakan untuk pembangunan pasar induk bahan pokok hasil pertanian ini adalah di samping Pasar Lubuk Buaya yaitu pada lahan yang digunakan oleh pedagang buah sekarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling terdiri dari satu orang Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Padang, 28 orang pedagang, dan tiga orang supplier. Pedagang pada penelitian berasal dari Pasar Raya Padang, Pasar Bandar Buat, Pasar Lubuk Buaya, Pasar Pagi Purus, Pasar Tanah Kongsi, Pasar Gaung, Pasar Simpang Haru, Pasar Belimbing, Pasar Nanggalo, Pasar Alai, dan Pasar Pagi Purus. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi pelaku ekonomi tentang rencana pembangunan pasar induk bahan pokok hasil pertanian di Lubuk Buaya adalah tidak sesuai. Hal ini karena dari segi lokasi Lubuk Buaya terlalu jauh dari pasarpasar yang ada di Kota Padang. Sehingga membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama dan berpengaruh terhadap ongkos yang dikeluarkan. Faktor lainnya adalah kecemasan bahwa harga jual di pasar induk bahan pokok hasil pertanian yang direncanakan akan lebih tinggi dibanding dengan sekarang. Hal ini karena pembelian bahan pokok hasil pertanian sekarang banyak yang dilakukan secara langsung ke daerah sumber barang maupun pemesanan melalui telepon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:29
Last Modified: 18 Aug 2021 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32961

Actions (login required)

View Item View Item