Pemetaan Mataair pada Satuan Bentuklahan Vulkanik di Sebagian Lereng Utara Gunung Talang Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat

Riyadi, Davit (2019) Pemetaan Mataair pada Satuan Bentuklahan Vulkanik di Sebagian Lereng Utara Gunung Talang Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_06_DAVIT_RIYADI_6745_1205746_2019.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) Pola sebaran mataair di sebagian Lereng Utara Gunung Talang, 2) Debit aliran matair di sebagian Lereng Utara Gunung Talang, 3) Kualitas mataair secara fisik dan kimia (Fe, Mn, pH, F, SO4, Cl, CaCO3, NO3N, NO2N, KMnO4) di sebagian Lereng Utara Gunung Talang, 4) Pemanfaatan sumber mataair untuk pemenuhan kebutuhan domestik di sebagian Lereng Utara Gunung Talang. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian deskriptif dengan metode yang digunakan adalah metode survei. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel area dengan satuan pemetaan dalam penelitian ini adalah satuan morfologi. Teknik penarikan sampel dilakukan secara systematic sampling berdasarkan ketinggian. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pola sebaran mataair pada daerah penelitian tidak lagi membentuk sabuk mataair (springs belt) yang sempurna, dikarenakan oleh pengaruh aktivitas vukkanik dan proses pengikisan (erosi) serta gerak massa batuan yang intensif. (2) Debit aliran mataair termasuk ke dalam klasifikasi debit kelas V sampai VII dengan debit terbanyak pada kelas V (1-10 liter/detik), karakteristik mataair berdasarkan proses terbentuknya merupakan mataair depresi (depression springs). (3) Kualitas secara fisik dan kimia mataair keseluruhan tidak tercemar dan dapat digunakan untuk kebutuhan domestik serta sudah memenuhi untuk standar baku mutu air minum dan air bersih.(4) Kuantitas (debit) mataair surplus untuk pemenuhan keperluan domestik (Qmataair > Qdomestik), dimana Qmataair sebesar 1.188.864 liter/hari atau 1.188 m3/hari dan Qdomestik sebesar 621.270 liter/hari atau 621,27 m3/hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:29
Last Modified: 18 Aug 2021 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32960

Actions (login required)

View Item View Item