Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Visual pada Pembelajaran Seni Tari di SMA Negeri 1 Padang Ganting

Afriwen, Rezi Ulfa (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Visual pada Pembelajaran Seni Tari di SMA Negeri 1 Padang Ganting. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_REZI ULFA_AFRIWEN_15023052_1446_2021.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media visual pada pembelajaran tari dalam rangka meningkatkan hasil belajar di SMAN 1 Padang Ganting. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Pelaksanaan penelitian terdiri dari 2 siklus dengan tahap kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual dalam bentuk powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajarang seni tari di SMA Negeri 1 Padang Ganting di kelas X IIS.2 yang terlihat dari proses penelitian selama proses belajar seni tari. Dengan media juga dapat menarik perhatian siswa dan mengurangi tingkat kejenuhan siswa dalam proses belajar mengajar.Media visual dalam bentuk powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar tari siswa, hal ini di buktikan dengan hasil penelitian dengan nilai rata-rata kognitif yang diperoleh yaitu pada siklus 1 dengan perolehan 78,5 sedangkan pada siklus II dengan perolehan 89,5.Dengan demikian media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 Padang Ganting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:14
Last Modified: 18 Aug 2021 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32952

Actions (login required)

View Item View Item