Inventarisasi Pohon untuk Pengelolaan Pohon Asuh di Hutan Adat Jorong Gantiang Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok

Siswara, Adek Leo (2019) Inventarisasi Pohon untuk Pengelolaan Pohon Asuh di Hutan Adat Jorong Gantiang Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_06_ADEK_LEO_SISWARA_2715_14136027_2019.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk. 1) untuk mengetahui jenis pohon di Hutan Adat Jorong Gantiang Nagari Sirukam yang bisa dijadikan pohon asuh. 2) untuk mengetahui sebaran lokasi pohon asuh dan calon pohon asuh di Hutan Adat Jorong Gantiang Nagari Sirukam. 3) untuk mengetahui pengelolaan pohon asuh dan pengelolaan Hutan Adat Jorong Gantiang Nagari Sirukam. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (Mix Method). Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder. Pengambilan data titik pohon dilapangan menggunakan GPS (Global Positioning System) kemudian untuk data pengelolaan pohon asuh dan Hutan Adat Jorong Gantiang Nagari Sirukam menggunakan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Pohon yang memenuhi syarat sebagai calon pohon asuh di Hutan Adat Jorong Gantiang terdiri dari 6 jenis pohon yaitu, Dama Dama (42 pohon), Kasiah Baranak (305 pohon), Kayu Kalek (13pohon), Madang (41 pohon), Madang Kuniang (1 pohon), Tambensu (12 Pohon), total semua pohon adalah 414 pohon dan pohon yang sedang diasuh berjumlah 54 pohon. 2) Sebaran calon pohon asuh dan pohon pohon asuh ditampilkan dalam bentuk peta dan pola sebaran semua pohon adalah menyebar hampir diseluruh wilayah hutan adat Jorong Gantiang Nagari Sirukam. 3) Pengelolaan Hutan Adat Nagari Sirukam masih menggunakan sistem adat dimana masih berlakunya sistem denda bagi yang melanggar, masyarakat Nagari Sirukam memang paham betul fungsi hutan dalam kehiupan dengan itu mereka sangat ketat dalam menjaga hutan ini dan semua peraturan yang mengatur tentang hutan bermuara kepada peraturan adat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:12
Last Modified: 18 Aug 2021 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32941

Actions (login required)

View Item View Item