Pemetaan Jalur Pendakian Gunung Sago Melalui Nagari Sikabu – kabu Dengan Metode Partisipatif Untuk Pengembangan Ekowisata Minat Khusus

Fauzi, Ahmad Asriful (2019) Pemetaan Jalur Pendakian Gunung Sago Melalui Nagari Sikabu – kabu Dengan Metode Partisipatif Untuk Pengembangan Ekowisata Minat Khusus. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_06_ADEK_LEO_SISWARA_2715_14136027_2019.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendapatkan peta jalur pendakian Gunung Sago melalui Nagari Sikabu – kabu ( Jalur yang telah ada dan jalur alternatif). 2) Mendapatkan titik dan ketianggian Sumber air dan shelter disepanjang jalur pendakian Gunung Sago. 3) Mengetahui selisih jarak tempuh jalur yang telah ada dan jalur alternatif. Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, yang mana penelitian kuantitaif akan menghasilkan data deskriptif. Data penelitian akan diperoleh melalui survey langsung di lapangan. Kita harus mendaki gunung Sago untuk melakukan survey lapangan. Seperti layaknya kegiatan mendaki gunung pada umunya kita harus melakukan beberapa persiapan sebelum mendaki gunung. Untuk penggalian data, peneliti akan melakukan 2 kali FGD dengan masyarakat kemudian membuat peta kartometrik tentang jalur yang akan di lalui dan dimana lokasi sumber air dan shelter. Hasil peta dari peta kartometrik tersebut akan di dilakukan ground check ke lapangan bersama masyarakat dan memutuskan langsung data titik sumber air dan shelter serta jalur pendakian Gunung Sago menggunakan GPS. Hasil penelitian ini berupa peta alternatif jalur pendakian gunung sago melalui Nagari Sikabu-kabu. Jalur alternatif ini memiliki panjang 4,6108 km dengan memiliki 2 buah sumber air dan 2 buah shelter. Dibandingkan jalur pendakian yang telah ada memiliki panjang jalur 5,304 km. Selisih jarak tempuh jalur yang peneliti dapat kan dari jalur yang telah ada dengan jalur alternatif sebesar 0,693 Km.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:12
Last Modified: 18 Aug 2021 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32939

Actions (login required)

View Item View Item