Efektivitas Pelaksanaan Program Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) Guna Meningkatkan Pelayanan di Kantor Pelayanan Kabupaten Agam

Putri, Yoni Yulia (2019) Efektivitas Pelaksanaan Program Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) Guna Meningkatkan Pelayanan di Kantor Pelayanan Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_YONI_YULIA_PUTRI_3491_15042023_2019.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena masih kurang efektifnya pelaksanaan program Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Agam. Hal ini dibuktikan dengan kajian efektivitas program IP4T yang belum tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan program IP4T guna meningkatkan pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Agam; 2) untuk mendeskripsikan kendala dalam mengefektifkan pelaksanaan program IP4T guna meningkatkan pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Agam; dan 3) untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam mengefektifkan pelaksanaan program IP4T guna meningkatkan pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan ditentukan dengan teknik purposive. Data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara inventarisasi data, klarifikasi atau analisis data, pembahasan dan penyimpulan hasil klasifikasi atau analisi data, dan tahap pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan program IP4T guna meningkatkan pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Agam belum efektif. Hal ini dikarenakan masih terdapat indikator efektivitas yang belum terpenuhi dalam pelaksanaan program IP4T, yaitu kejelasan tujuan yang hendak dicapai masih belum tercapai dengan baik dan kemampuan untuk merumuskan perencanaan yang matang masih belum efektif. Adapun kendala dalam mengefektifkan pelaksanaan program IP4T guna meningkatkan pelayanan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten, yaitu kurang efektifnya komunikasi yang terjalin antara panitia IP4T dengan petugas nagari. Selain itu, masih kurangnya program pengembangan SDM yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Agam. Sedangkan Upaya yang dilakukan dalam mengefektifkan pelaksanaan program IP4T guna meningkatkan pelayanan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten, yaitu (a) menjalin komunikasi antara pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Agam dengan pihak Nagari; (b) meningkatkan koordinasi dan kerjasama antara panitia IP4T dengan petugas nagari; dan (c) memberikan pemahaman dan pengarahan kepada petugas nagari oleh pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Agam sebelum dilaksanakannya program IP4T.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:11
Last Modified: 18 Aug 2021 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32930

Actions (login required)

View Item View Item