Proses Pembentukan Verba Resiprokal dalam Bahasa Minangkabau di Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Maharani, Putri (2020) Proses Pembentukan Verba Resiprokal dalam Bahasa Minangkabau di Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_PUTRI_MAHARANI_16017011_1797_2020.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembentukan verba resiprokal, dan (2) makna verba resiprokal dalam bahasa Minangkabau di Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah tuturan yang diperoleh dari informan dari Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang mengandung verba resiprokal. Data dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mentranskripsikan data yang diperoleh dari rekaman, wawancara, dan pengamatan ke dalam bahasa tulis, (2) mengklasifikasikan data berdasarkan teori yang digunakan, (3) menganalisis dan menginterpretasikan data berdasarkan teori yang digunakan, dan (4) menyimpulkan data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, berdasarkan proses pembentukannya, verba resiprokal dalam bahasa Minangkabau yang digunakan Masyarakat di Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dapat digolongkan menjadi dua jenis (a) proses pembentukan verba resiprokal melalui afiksasi, dan (b) proses pembentukan verba resiprokal melalui reduplikasi. Kedua, berdasarkan makna verba resiprokal yang diperoleh di Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang ditemukan dua, yaitu: (1) makna tindakan, dan (2) makna keadaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:11
Last Modified: 18 Aug 2021 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32928

Actions (login required)

View Item View Item