Penerapan Prinsip Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Kelurahan Alai Parak Kopi Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Nengsih, Widya (2019) Penerapan Prinsip Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Kelurahan Alai Parak Kopi Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_WIDYA_NENGSIH_334_14042034_2019.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menggambarkan penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas di Kelurahan Alai Parak Kopi Kota Padang. Penelitian ini menggambarkan transparansi pelayanan yang dilihat dari keterbukaan pelayanan, prosedur dan persyaratan pelayanan yang dapat dipahami masyarakat, kemudahan akses informasi dan akuntabilitas pelayanan yang dilihat dari kesesuaian pelaksanaan dengan prosedur pelayanan, kejelasan aturan hukum, output dan outcome yang terukur. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 12.144 dengan sampel sebanyak 99 responden yang ditentukan dengan rumus Slovin dan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian dianalisis menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip transparansi dalam pelayanan mencapai 69,8% dan dikategorikan cukup transparan, hanya saja belum ada penyebaran informasi melalui media cetak atau elektronik. Sedangkan penerapan prinsip akuntabilitas dalam pelayanan mencapai 67,8% dan dikategorikan cukup akuntabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:10
Last Modified: 18 Aug 2021 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32926

Actions (login required)

View Item View Item