Pengaruh Sosialisasi terhadap Partisipasi Politik pada Pilkada Kota Pariaman tahun 2018 Melalui Tingkat Pemahaman sebagai Variabel Intervening

Putri, Megawati Aliya Octa (2019) Pengaruh Sosialisasi terhadap Partisipasi Politik pada Pilkada Kota Pariaman tahun 2018 Melalui Tingkat Pemahaman sebagai Variabel Intervening. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_MEGAWATI_ALIYA_OCTA_PUTRI_3526_15042129_2019.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung antara variabel sosialisasi dan variabel tingkat pemahaman terhadap variabel partisipasi politik pada Pilkada Kota Pariaman tahun 2018. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena masih kurangnya partisipasi pemilih pada Pilkada Kota Pariaman tahun 2018. Angka golput mencapai 26,45% dari Daftar Pemilih Tetap yang terdiri dari kategori tidak memilih sebanyak 14,426 pemlih dan kategori suara tidak sah sebanyak 442 suara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di Kota Pariaman melalui penyebaran kuesioner dengan penentuan sampel menggunakan teknik Proporsionate Random Sampling. Responden penelitian sebanyak 397 orang yang merupakan pemilih yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan analisis jalur/path analysis. Dari analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel sosialisasi terhadap partisipasi politik adalah 2,34%. Sedangkan pengaruh tidak langsung variabel sosialiasi melalui variabel pemahaman politik terhadap variabel partisipasi politik memiliki pengaruh 1,46%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa besar pengaruh langsung lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:17
Last Modified: 13 Aug 2021 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32881

Actions (login required)

View Item View Item