Hubungan Disiplin Sekolah dengan Perilaku Bullying .

Anggraini, Amallia Dinung (2020) Hubungan Disiplin Sekolah dengan Perilaku Bullying . Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_AMALLIA_DINUNG_ANGGRAINI_16006057_ 115_2021.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Perilaku bullying di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana yang kurang mendukung terhadap perkembangan siswa, baik bidang akademik maupun sosial. Bullying merupakan salah satu tindakan kekerasan yang dilakukan baik secara fisik, verbal, sosial maupun cyber bullying yang menyakiti diri siswa lain, biasa berimbas pada orang yang lemah. Salah satu penyebab terjadinya bullying adanya disiplin yang kaku. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perilaku bullying siswa, disiplin sekolah, dan menguji hubungan disiplin sekolah dengan perilaku bullying. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 26 Padang yang berjumlah 502 orang siswa, dengan sampel sebanyak 223 orang siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument angket displin sekolah dan instrument angket perilaku bullying model skala likert. Untuk melihat hubungan kedua variabel menggunakan Pearson Correlation Product Moment. Hasil penelitian ini menemukan: 1) Disiplin sekolah berada pada kategori sedang dengan persentase 45,3%, 2) perilaku bullying siswa mayoritas berada pada kategori sedang dengan persentase 49,8% 3) terdapat hubungan yang negatif signifikan antara disiplin sekolah dengan perilaku bullying dengan rxy = - 0,498 dan taraf signifikan sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa SMP Negeri 26 Padang mayoritas disiplin sekolah sedang dan mayoritas memiliki perilaku bullying sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 13 Aug 2021 01:34
Last Modified: 13 Aug 2021 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32869

Actions (login required)

View Item View Item