Kontribusi Wanita Nelayan (Istri Nelayan) Terhadap Pendapatan dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi Keluarga Nelayan di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Dewi, Mela Rosiana (2021) Kontribusi Wanita Nelayan (Istri Nelayan) Terhadap Pendapatan dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi Keluarga Nelayan di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MELA_ROSIANA_DEWI_16053100_1496_2021.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis seberapa besar pendapatan rumah tangga nelayan, 2) Kontribusi yang dilakukan oleh perempuan nelayan terhadap pendapatan rumah tangga nelayan, 3) Peranan wanita nelayan dalam memenuhi keutuhan rumah tanga nelayan. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Pasie Nan Tigo Koto Tangah Kota Padang pada bulan Agustus 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk penentuan sampel digunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 37 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pendapatan rumah tangga nelayan yang istrinya mengeringkan ikan sebesar Rp. 3.078.378, - per bulan dan pendapatan rumah tangga yang diperdagangkan istrinya setiap bulan adalah Rp.3.407.790, -. Faktor yang mempengaruhi pendapatan perempuan nelayan ini adalah faktor pendidikan dan faktor umur. 2) Kontribusi yang diperoleh dari perempuan nelayan yang mengeringkan ikan sebesar 55% dan kontribusi perempuan nelayan yang berdagang 60%. 3) Terdapat dua peranaan yang dilakukan oleh wanita nelayan dalam upaya pemenuhan kebutuhan rumah tangganya, yaitu peranan dalam domestik (kerumah tanggan) dan peranan publik ( mencari nafkah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:40
Last Modified: 12 Aug 2021 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32858

Actions (login required)

View Item View Item