Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Tangkap Oleh DKP Kota Padang Dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah)

Simanullang, Jubel Hot P. (2019) Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Tangkap Oleh DKP Kota Padang Dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_JUBEL_HOT_P_SIMANULLANG_94_14042026_2019.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat nelayan Kelurahan Pasie Nan Tigo yang masih perlu diberdayakan karena melihat alat tangkap yang masih minim, dan juga dikarenakan pendapatan masyarakat yang masih pas-pasan dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Dalam hal ini pemerintah melalui DKP kota padang melakukan pemberdayaan melalui bantuan-bantuan yang disalurkan kepada masyarakat nelayan tangkap di Kelurahan Pasie Na Tigo. Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan informan penelitiannya adalah Kepala Bidang Perikanan tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang, serta masyarkat nelayan di Kelurahan Pasie Nan Tigo kecamatan koto tangah. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dan data dikumpulkan melalui wawancara denagn menggunakan alat pengumpulan data yaitu berupa pedoman wawanacara, alat perekam suara dan catatan lapangan hasuil studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh pemerintah melalui DKP kota Padang yaitu masyarakat nelayan tangkap Kelurahan Pasie Nan Tigo merasa sangat terbantu dengan adanya pemberdayaan tersebut berupa Hibah dalam bentuk uang tunai dan hibang dalam bentuk bantuan barang langsung, pelatihan, dan Asuransi bagi nelayan sehingga dapat meningkatkan pendapatan nelayan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:40
Last Modified: 12 Aug 2021 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32847

Actions (login required)

View Item View Item