Efektivitas Penggunaan Aplikasi "Sistem Informasi PadangMemilih" (SiPadlih) pada Sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kita Padang Tahun 2018

Zeparianto, Dicki (2019) Efektivitas Penggunaan Aplikasi "Sistem Informasi PadangMemilih" (SiPadlih) pada Sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kita Padang Tahun 2018. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_DICKI_ZEPARIANTO_3829_15042111_2019.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari angka partisispasi yang cukup rendah terjadi pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang tahun 2008 mencapai 43 %, 2013 46%. Kemudian pada umumnya masyarakat Kota Padang lebih suka menggunakan smartphonenya dalam mencari informasi. Berdasarkan hal tersebut KPU Kota Padang berinisiatif untuk menciptakan aplikasi Sistem Informasi Padang Memilih (SiPadlih) untuk mempermudah sosialisasi. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan cara trianggulasi dan member check. Kesimpulan penelitian ini, bahwa pelaksanaan aplikasi SiPadlih belum dapat dikatakan efektif, berdasarkan indikator ukuran efektivitas yaitu yang pertama kejelasan tujuan, ketepatan program, kejelasan strategi, tersedianya sarana dan prasarana. Hal ini terbukti masih banyak masyarakat kota Padang yang belum mengetahui dengan adanya aplikasi SiPadlih. Jumlah warga yang telah mendownload aplikasi SiPadlih hanya sekitar 100 orang lebih, sedangkan jumlah pemilih tetap sebanyak 535.265 orang. Hal ini disebabkan kegiatan sosialisasi yang belum maksimal yang dilakukan oleh KPU kota Padang, terutama sosialisasi secara tidak langsung mengenai aplikasi SiPadlih, disebabkan tidak adanya anggaran khusus untuk mensosialisasikan aplikasi SiPadlih, sehingga pelaksanaan sosialisasi aplikasi SiPadlih tidak dilakukan secara maksimal. Selanjutnya terdapat informasi yang tidak bisa dipahami dalam aplikasi SiPadlih. Hal ini dikarenakan tidak adanya anggaran untuk mengupdate informasi di dalam aplikasi SiPadlih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 10 Aug 2021 05:27
Last Modified: 10 Aug 2021 05:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32803

Actions (login required)

View Item View Item