Dampak Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Persero Unit Padang Bagi Masyarakat di Kelurahan Air Manis Kota Padang

Elvonny, Balqis (2019) Dampak Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Persero Unit Padang Bagi Masyarakat di Kelurahan Air Manis Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_BALQIS_ELVONNY_3195_15042108_2019.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Program CSR adalah program yang diberikan oleh suatu perusahaan sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan kepada masyarakat disekitar perusahaan itu berada. PT Pertamina Persero Unit Padang selaku perusahaan menjalankan program CSR ini berupa pemberian bantuan sarana air bersih dan menyediakan sarana sanitasi untuk masyarakat. Terdapat masalah seperti sarana air bersih tidak mengalir sehingga masyarakat tidak bisa mengakses air bersih dan tingkat partisipasi masyarakat dirasa kurang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak dari program CSR ini yang dirasakan langsung oleh masyarakat di Kelurahan Air Manis Kota Padang berupa dampak perubahan sosial, kesehatan, lingkungan dan konflik, kendala yang terdapat dalam program CSR ini dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi yang ada. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik informan penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dampak program CSR ini banyak memberikan manfaat kepada masyarakat. Dampak yang dirasakan adalah masyarakat lebih memiliki kesadaran untuk selalu hidup sehat dan tingkat kasus kesehatan masyarakat menjadi rendah namun selama beberapa bulan belakangan program CSR ini tidak lagi dirasakan oleh manfaat karena air yang tidak mengalir pada saluran air bersih yang disediakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 10 Aug 2021 05:24
Last Modified: 10 Aug 2021 05:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32799

Actions (login required)

View Item View Item