Pengembangan Bahan Ajar Sains Terintegrasi Berorientasi Model Problem Based Learning Pada Terna Makanan Sehat Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Zairmi, Ulil (2020) Pengembangan Bahan Ajar Sains Terintegrasi Berorientasi Model Problem Based Learning Pada Terna Makanan Sehat Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ULIL_ZAIRMI_18124054_1795_2020.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar sains terintegrasi berorientasi model Problem Based Learning (PBL) pada tema makanan sehat untuk kelas V Sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan 4-D, terdiri dari tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebraran. Subjek uji coba siswa kelas V SDN 04 Nan Sabaris sebanyak 15 siswa, serta penyebaran di SDN O 1 Nan Sabaris sebanyak 23 siswa. lnstrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, instrumen kepraktisan, instrumen keefektifan menggunakan bahan ajar. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, pemberian tes, dan angket. Teknik analisis datanya analisis validitas, analisis praktikalitas, analisis efektifitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata validasi RPP 3, 77, validasi bahan ajar 3,79 dan validasi soal evaluasi 3,55. Secara keseluruhan validasi bahan ajar dikategorikan sangat valid dengan nilai rata-rata 3,70. Praktikalitas bahan ajar dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon guru dan respon siswa dengan nilai persentase keseluruhan 91 % kategori sangat praktis. Sedangkan efektifitas bahan ajar dilihat dari aktivitas siswa dengan rata-rata 78% kategori tinggi dan kompetensi belajar siswa dengan nilai rata keseluruhan 86% kategori sangat efektif. Dari hasil peneitian disimpulkan bahwa bahan ajar sains terintegrasi berorientasi model Problem Based Learning pada tema makanan sehat sangat valid, praktis, dan efektif untuk kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Aug 2021 05:22
Last Modified: 10 Aug 2021 05:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32795

Actions (login required)

View Item View Item