Implementasi Strategi Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Dalam Menanggulangi Pengangguran Terbuka Di Provinsi Sumatera Barat

Putri, Andini Fitria (2019) Implementasi Strategi Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Dalam Menanggulangi Pengangguran Terbuka Di Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_ANDINI_FITRIA_PUTRI_3872_14042021_2019.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Permasalahan Pengangguran di Provinsi Sumatera Barat masih belum bisa diatasi. Dari data jumlah penduduk menganggur di Sumatra Barat bertambah 12.800 orang dalam satu tahun, sejak 2016 hingga 2017. Banyaknya jumlah pengangguran, jika tidak segera diatasi maka akan berdampak pada berbagai masalah baik dari segi ekonomi, sosial maupun lingkungan. Selain itu, masalah pengangguran juga mengakibatkan permasalahan lain yakni kerawanan sosial, ekonomi dan keamanan. Dalam mengatasi masalah pengangguran sebagai salah satu tugas dan kewenangan pemerintah, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam hal ini telah melimpahan kewenangan dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan tersebut kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dalam menanggulangi angka pengangguran di Provinsi Sumatera Barat, Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat melakukan upaya untuk mewujudkan tujuan daerah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Rencana Strategi yang memuat Visi, Misi, tujuan, sasaran, strategi, program dan kegiatan harus disusun sesuai dangan tugas dan fungsi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ditentukan secara purposive dan random. Data dikumpulkan dengan cara melakukan wawancara, observasi dan studi dokumentasi serta direduksi agar bisa ditarik kesimpulan dari data yang telah didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi belum dapat menaggulangi pengangguran secara efektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi strategi dapat dinilai dengan menggunakan model David, yaitu dari segi perumusan strategi yang sudah efektif, pelaksanaan strategi bahwa realisasi kinerja disini belum berjalan dengan baik. Evaluasi Strategi dilakukan per triwulan oleh Disnakertrans namun masih banyaknya target strategi yang belum tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 10 Aug 2021 05:20
Last Modified: 10 Aug 2021 05:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32792

Actions (login required)

View Item View Item