Interaksi Sosial Antar Etnis dalam Penguasaan Pasar di Pasar Pasar Kota Sungai Penuh Kabupaten Kerinci dalam Prepektif Sosiologis

Hardiyanti, Eka Putri (2021) Interaksi Sosial Antar Etnis dalam Penguasaan Pasar di Pasar Pasar Kota Sungai Penuh Kabupaten Kerinci dalam Prepektif Sosiologis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_EKA_PUTRI_HARDIYANTI_18161014_1546_2021.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mendeskripsikan bentuk Interaksi sosial antar pedagang dalam penguasaan Pasar di Pasar Kota Sungai Penuh Kabupaten Kerinci. Tujuan dari penelitian ini melihat 1) Mendeskripsikan bentuk interaksi sosial yang terjadi antara etnis pendatang dengan pedagang asli Kerinci di pasar Kota Sungai Penuh , 2) Menganalisis faktor pendorong dan penghambat terjadinya interaksi sosial pedagang etnis pendatang dengan etnis Kerinci di pasar Kota Sungai Penuh, 3) Menjelaskan strategi dalam penguasaan pasar pada masyarakat etnis pedagang pendatang terhadap etnis Kerinci di pasar Kota Sungai Penuh. Peneliti melakukan pendekatan secara langsung dengan Pedagang Pasar ke lima titik pasar antara lain yaitu : pasar tanjung bajure, pasar Beringin Jaya, Pasar Baru, Pasar Kincai Plaza, Pasar PKL, khususnya pada Peedagang pendatang dan Pribumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui pengamatan/observasi, wawancara mendalam dan memanfaatkan studi dokumen. Pemilihan informan dilakukan dengan berdasarkan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Analisis data menggunakan model interaktif yang mencakup tiga tahap yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses interaksi sosial antar etnis pendatang dengan penduduk asli kerinci, terjalin sejak lama dan pedagang pendatang sudah banyak yang menetap di Kerinci khususnya. Ada tiga temuan yang terdapat dari proses Interaksi sosial antar etnis pendatang dengan penduduk asli Kerinci yakninya : 1) terjadinya assosiatif berupa adanya kerjasama, 2) akomondasi seperti pengendalian sosial, 3)Asimilasi : penggabungan antar budaya. Temuan kedua, faktor pendorong dan penghambat terjadinya interaksi sosial pedagang etnis pendatang dengan pedagang etnis Kerinci di pasar Kota Sungai Penuh.Temuan ketiga,Strategi penguasaan pasar terhadap pedagang etnis pendatang dengan etnis Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:15
Last Modified: 09 Aug 2021 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32785

Actions (login required)

View Item View Item