Penerapan Penilaian Autentik Aspek Sikap Sosial dan Sikap Spiritual pada Mata Pelajaran Geografi Materi Dinamika Litosfer dan DampaknyaTerhadap Kehidupan Di SMA Negeri Se-Kabupaten Tanah Datar

Dani, Della Rahma (2021) Penerapan Penilaian Autentik Aspek Sikap Sosial dan Sikap Spiritual pada Mata Pelajaran Geografi Materi Dinamika Litosfer dan DampaknyaTerhadap Kehidupan Di SMA Negeri Se-Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DELLA_RAHMA_DANI_1704500_2895_2021.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Penerapan penilaian autentik aspek sikap sosial dan sikap spiritual pada mata pelajaran Geografi materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di SMA Negeri se Kabupaten Tanah Datar (2) Kendala guru dalam menerapkan penilaian autentik aspek sikap sosial dan sikap spiritual pada mata pelajaran Geografi materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di SMA Negeri se Kabupaten Tanah Datar (3). Upaya dalam mengatasi kendala guru dalam menerapkan penilaian autentik aspek sikap sosial dan sikap spiritual padpelajaran Geografi materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di SMA Negeri se-Kabupaten Tanah Datar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif jenis Deskriptif. Populasi berjumlah 21 orang guru Geografi dan 45 siswa kelas 10 di Kabupaten Tanah Datar sedangkan sampel di ambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan (angket) kuesioner. Teknik Analisis Data kuantitatif yakni analisis statistik-deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagi berikut (1) Penerapan penilaian autentik aspek sikap sosial dan sikap spiritual pada mata pelajaran Geografi materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan sebesar 58% dengan kategori cukup baik dalam pembelajarannya Geografi, (2) Kendala guru yaitu kurangnya waktu dalam melakukan penilaian sikap, (3) Upaya dalam mengatasi kendala adalah guru berkalaborasi dengan teman sebaya serta guru harus bisa membagi waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:15
Last Modified: 09 Aug 2021 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32783

Actions (login required)

View Item View Item