Implementasi Aspek Keterampilan (Psikomotorik) dalam Pembelajaran PPKn di SMA N 1 Bonjol Kabupaten Pasaman (studi kasus di kelas XI IPS 1)

Arone, Arnol (2021) Implementasi Aspek Keterampilan (Psikomotorik) dalam Pembelajaran PPKn di SMA N 1 Bonjol Kabupaten Pasaman (studi kasus di kelas XI IPS 1). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ARNOL ARONE_14052053_1947_2021.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bahwa pentingnya aspek keterampilan (psikomotorik) dalam meningkatkan keaktifan siswa pada proses pembelajaran PPKn, adapun tujuan penelitian sebagai berikut:(1)untuk mengetahui proses pembelajaran melalui implementasi aspek keterampilan (psikomotorik)di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Bonjol ,(2) untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dialami guru dalam mengimplementasikan aspek keterampilan (psikomotorik) dalam pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Bonjol (3)untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan aspek keterampilan (psikomotorik) pada pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Bonjol. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 1. Informan dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling terdiri dari: kepala sekolah, guru PPKn, dan 5 orang siswa sebagai informan kunci (key informants). Kemudian data yang telah terkumpul akan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui pelaksanaan aspek keterampilan (psikomotorik) pada proses pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Bonjol . Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi aspek keterampilan (psikomotorik) dalam pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Bonjol meliputi : melaksanakan , menerapkan , menanggapi , dan mengkomunikasikan diperoleh bahwa secara umum sudah berjalan dengan baik. adapun faktor pendukung dalam mengimplementasikan aspek keterampilan (psikomotorik) dalam pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Bonjol diantaranya: iklim belajar yang kondusif, adanya kesiapan guru dalam pembelajaran. faktor penghambat diantaranya: pelaksanaan pembelajaran PPKn pada jam siang, hambatan dalam memusatkan konsentrasi, cara belajar siswa belum maksimal. selanjutnya upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan aspek keterampilan (psikomotorik) dalam pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Bonjol sebagai berikut : memberikan penjelasan bahwa mencatat itu penting, guru memposisikan diri sebagai sosok yang diteladani ,memberikan kebebasan kepada siswa untuk menyampaikan pandangannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:14
Last Modified: 09 Aug 2021 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32781

Actions (login required)

View Item View Item