Pengembangan Modul Program Pembelajaran Mitigasi Bencana Gempa Bumi untuk Meningkatkan Self Awareness Anak di Taman Kanak-kanak

Sapriyanti, Tita (2020) Pengembangan Modul Program Pembelajaran Mitigasi Bencana Gempa Bumi untuk Meningkatkan Self Awareness Anak di Taman Kanak-kanak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_TITA_SAPRIYANTI_17330055_4211_2020.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemui dilapangan, pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi belum mencakup seluruh materi kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi serta belum adanya modul yang menunjang pembelajaran. Hal ini menyebabkan pengetahuan dan pemahaman anak terhadap bencana gempa bumi kurang, sehingga mempengaruhi self awareness dan kesiapsiagaan anak terhadap bencana gempa bumi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan program dan modul pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi yang dapat meningkatkan self awareness anak yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun di TK Teratai Indah. Data penelitian ini diperoleh melalui tiga uji yaitu: uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektifitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi program pembelajaran terhadap RPPH dan modul pembelajaran. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan RPPH, angket respon guru dan observasi penggunaan modul pembelajaran. Data keefektifan dilihat dari aktivitas, hasil belajar dan tingkat self awareness anak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program dan modul pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi yang dikembangkan layak digunakan dalam menambah pengetahuan dan keterampilan anak mengenai kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi, serta efektif meningkatkan self awareness anak terhadap bencana gempa bumi. Dengan pengetahuan dan self awareness yang dimiliki anak terhadap bencana gempa bumi, anak akan selalu sadar dan waspada bencana gempa bumi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Aug 2021 04:45
Last Modified: 06 Aug 2021 04:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32778

Actions (login required)

View Item View Item