Faktor-Faktor Penyebab Kepatuhan Siswa Kelas XI dalam Mematuhi Peraturan di SMA Negeri 2 Bukittinggi

Hasugian, Santalia (2019) Faktor-Faktor Penyebab Kepatuhan Siswa Kelas XI dalam Mematuhi Peraturan di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_SANTALIA_HASUGIAN_4514_15058032_2019.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya siswa tidak mematuhi peraturan sekolah, salah satu diantaranya masalah keterlambatan. Masalah keterlambatan siswa harus diperhatikan untuk menciptakan kedisiplinan siswa.. Pada penelitian ini kedisiplinan kelas XI lebih meningkat dibanding kelas X dan XII, padahal kelas XI itu mengalami tahap menentang (trotzalter) yang biasanya memiliki kecendrungan untuk melakukan pelanggaran terhadap otoritasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kepatuhan pada siswa kelas XI dalam mematuhi peraturan di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Penelitian ini dianalisis dengan teori kontrol oleh Hirschi bahwa penyimpangan merupakan hasil dari kekosongan kontrol sosial atau pengendalian sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan ditentukan berdasarkan purposive sampling, jumlah informan 29 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah model analisis interaktif oleh Miles dan Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kepatuhan siswa kelas XI dalam mematuhi peraturan di SMA Negeri 2 Bukittinggi adalah terdiri dari dua faktor yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor Eksternal yaitu, kontrol sosial dengan cara lisan, kontrol sosial guru di kelas (guru menghukum siswa yang melanggar aturan telah disepakati/ Kontrak awal sekolah), sanksi nilai, guru memotivasi siswa, takut kepada orang tua (dimarahi orang tua), ejekan teman-teman/ malu dengan teman sebaya, Hukuman yang telah ditetapkan sekolah berupa halafan al-qur’an dan Gerakan Bersih Lingkungan Sekolah (GBLS). Faktor internal yaitu, input siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bukittinggi, kesadaran diri sendiri (merasa tanggung jawab sebagai siswa, motivasi diri ingin menjadi lebih baik supaya bisa contoh bagi siswa yang lain).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:51
Last Modified: 06 Aug 2021 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32758

Actions (login required)

View Item View Item