Nilai-Nilai Sosial Dalam Hubungan Kerja Petani Gambir Dengan Toke Di Kenagarian Gantiang Mudiak Utara Surantih (Studi Kasus Kenagarian Gantiang Mudiak Utara Surantih Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan)

Musa, Salman Ali (2019) Nilai-Nilai Sosial Dalam Hubungan Kerja Petani Gambir Dengan Toke Di Kenagarian Gantiang Mudiak Utara Surantih (Studi Kasus Kenagarian Gantiang Mudiak Utara Surantih Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_SALMAN_ALI_MUSA_4439_15058096_2019.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap kehidupan petani gambir di Kenagarian Gantiang Mudiak Utara surantih yang melakukan transaksi dengan toke. Transaksi yang dilakukan merupakan transaksi dari segi peminjaman modal usaha, penjualan hasil produksi serta pemasarannya. Peminjaman kepada toke ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat dan masih mayoritas masyarakat masih mempertahankan hal tersebut. sehubungan dengan itu, walaupun sudah ada beberapa lembaga ekonomi yang pada hakikatnya menguntungkan masyarakat seperti Badan Usaha Milik Nagari dan beberapa Bank sudah ada di Kecamatan Sutera, akan tetapi masyarakat cenderung tidak memanfaatkannya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang nilai-nilai sosial dalam hubungan kerja petani gambir dengan toke di Kenagarian Gantiang Mudiak Utara Surantih. Penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan teori Pertukaran oleh George C. Homans. Menurut Homans Pertukaran sosial tidak selalu dapat diukur dengan uang, namun juga sering pertukaran sosial dalam hal yang nyata dan tidak nyata, ada juga hubungan kerja tersebut didasarkan pada keinginan untuk memperoleh ganjaran yang nyata berupa upah, sedangkan ganjaran yang tidak nyata berupa dalam hal kepuasan kerja, semangat kerja dan pengakuan diri sebagai harga diri untuk memperoleh pemgalaman, mencari teman dan lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dengan tipe studi kasus. Pemilihan informan dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,observasi,dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan uberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa petani cenderung menjalin hubungan dengan toke karena ada nilai-nilai yang mereka pertahankan. Nilai-nilai tersebut menjadi acuan bagi mereka dalam bertransaksi ekonomi dan sosial. Nilainilai tersebut antara lain (1) Nilai-nilai tolong menolong dalam lingkup keluarga, (2) tolong menolong dalam lingkup persahabatan, (3) dan nilai-nilai Gotong Royong dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai-nilai tolong menolong dalam lingkup keluarga dan persahabatan ini juga dilandasi dengan nilai-nilai seperti, tenggang rasa, tanggung jawab, dan nilai-nilai kepercayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:51
Last Modified: 06 Aug 2021 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32757

Actions (login required)

View Item View Item