Efektivitas Layanan lnformasi dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Mencegah Kecenderungan Perilaku Bullying Peserta Didik SMPN 17 Padang

Syarifuddin, Syarifuddin (2020) Efektivitas Layanan lnformasi dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Mencegah Kecenderungan Perilaku Bullying Peserta Didik SMPN 17 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SYARIFUDDIN_17151046_3116_2020.pdf

Download (923kB) | Preview

Abstract

Bullying peserta didik merupakan permasalahan yang menjadi perhatian serius di dunia pendidikan. Bullying peserta didik hams dicegah karena dapat memberikan dampak negatif terhadap pelaku, penonton dan terlebih kepada korban. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kecenderungan perilaku bullying peserta didik adalah dengan memberikan layanan informasi dengan menggunakan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kondisi hasil pretest dan posttest kecenderungan perilaku bullying peserta didik kelompok eksperimen, (2) mendeskripsikan kondisi hasil pretest dan posttest kecenderungan perilaku bullying peserta didik kelompok kontrol, dan (3) mengidentifikasi perbedaan kecenderungan perilaku bullying peserta didik kelompok eksperimen yang diberi layanan informasi dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan peserta didik kelompok kontrol yang diberikan layanan informasi dengan menggunakan pendekatan konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian true experiments desain pretest-posttest group design. Sampel penelitian sebanyak 30 peserta didik untuk kelompok eksperimen dan 30 peserta didik untuk kelompok kontrol yang terdiri dari kelas VII dan VIII peserta didik SMPN 17 Padang yang diambil menggunakan teknik proporsional stratified random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik non parameterik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat penurunan nilai rata-rata kecenderungan perilaku bullying peserta didik sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa layanan informasi dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan penurunan kategori dari sedang ke rendah dengan selisih nilai mean sebesar 35, (2) terdapat penurunan nilai rata-rata kecenderungan perilaku bullying peserta didik sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa layanan informasi dengan menggunakan pendekatan konvensional dari kategori sedang menjadi kategori rendah dengan selisih nilai mean 18, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kecenderungan perilaku bullying peserta didik antara kelompok eksperimen yang diberikan layanan informasi dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan informasi dengan menggunakan pendekatan konvensional. Dengan demikian, layanan informasi dengan menggunakan pendekatan saintifik efektif untuk mencegah kecenderungan perilaku bullying peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:50
Last Modified: 06 Aug 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32752

Actions (login required)

View Item View Item