Pengembangan Mini Book untuk Membimbing Siswa dalam Kronologis Peristiwa Sejarah

Rahman, Abdul (2021) Pengembangan Mini Book untuk Membimbing Siswa dalam Kronologis Peristiwa Sejarah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ABDUL_RAHMAN_16046001_1993_2021.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah siswa kurang pandai dalam mengurutkan sebuah peristiwa sejarah atau kronologis peristiwa sejarah dalam pembelajaran sejarah. Hal ini dikarenakan materi yang terlalu banyak sehinggah siswa malas membaca. Melihat kasus yang demikian maka dibuatlah bahan ajar untuk membimbing siswa dalam mengurutkan sebuah peristiwa sejarah/kronologis dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara mengembangakan Mini Book serta melihat kelayakan Mini Book untuk membimbing siswa dalam kronologis peristiwa sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Developmet (R & D), dengan menggunakan prosedur ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan atau development. implementasi serta evaluasi, karna keterbatasan produk penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan/Development, objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 3 Pariaman yang materinya mengenai kerajaan Islam. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan penilaian terhadap produk yang dilihat dari materi dan Mini Book dinilai oleh 2 validator yakni ahli materi serta ahli bahan ajar, hal ini dilakukan untuk melihat isi dari Mini Book yang ingin dikembangankan serta mengetahui kelayakan dari Mini Book yang akan digunakan dalam pembelajaran sejarah. Penilaian produk menggunakan angket yang diukur dengan menggunakan Skala Likert, ukuran dari positif dengan skor 4 kategorinya sangat layak, dan negative dengan skor 1 kategorinya sangat tidak layak. Penelitian ini pada tahap desainya berhubungan dengan perancangan/pembuatan Mini Book beserta dengan cara penggunaan tabel kronologis. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwasannya : materi yang disajikan pada Mini Book mendapatkan nilai rata-rata 3,70 dengan kategori sangat layak dan mendapatkan persentasesebesar 92,64 % yang kategorinya sangat layak. Sedangkan Mini Book sebagai bahan ajar mendapatkan nilai rata-rata 3,68 dengan kategori sangat layak dan persentasenya sebesar 92,18 % yang kategorinya sangat layak. Dari penjelasan diatas maka dapat dikatakan Mini Book tepat digunakan untuk membimbing siswa dalam kronologis peristiwa sejarah pada pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:50
Last Modified: 06 Aug 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32750

Actions (login required)

View Item View Item