Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Kelentukan Pinggang dan Motivasi terhadap Kemampuan Tendangan Dollyo Chagi Atlet Taekwondo Kabupaten Solok

Mahardika, Syalwa lvho (2020) Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Kelentukan Pinggang dan Motivasi terhadap Kemampuan Tendangan Dollyo Chagi Atlet Taekwondo Kabupaten Solok. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SYALWA_IVHO_MAHARDIKA_15199050_3665_2020.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan tendangan Dollyo Chagi atlet Taekwondo Kabupaten Solok. Kemampuan tendangan Dollyo Chagi dipengaruhi oleh banyak faktor eksogen diantaranya daya ledak otot tungkai, kelentukan pinggang dan motivasi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh daya ledak otot tungkai, kelentukan pinggang dan motivasi terhadap kemampuan tendangan Dollyo Chagi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet Taekwondo Kabupaten Solok yang berjumlah 23 orang, terdiri dari 9 putra dan 14 putri. Sampel di ambil dengan teknik Purposive Sampling yaitu atlet putri yang berjumlah 14 orang. Instrument daya ledak otot tungkai menggunakan Standing Broad Jump, kelentukan pinggang menggunakan Sit and Reach, motivasi menggunakan angket model skala Likert dan kemampuan tendangan Dollyo Chagi menggunakan tes tendangan selama 1 menit. Data dianalisis dengan analisis jalur melalui pengujian model struktural. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan, (1) terdapat pengaruh langsung daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan tendangan Dollyo Chagi, (2) terdapat pengaruh langsung kelentukan pinggang terhadap kemampuan tendangan Dollyo Chagi, (3) terdapat pengaruh langsung motivasi terhadap kemampuan tendangan Dollyo Chagi, (4) tidak terdapat pengaruh tidak langsung daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan tendangan Dollyo Chagi melalui motivasi, (5) tidak terdapat pengaruh tidak langsung kelentukan pinggang terhadap kemampuan tendangan Dollyo Chagi melalui motivasi, dan (6) terdapat pengaruh daya ledak otot tungkai, kelentukan pinggang dan motivasi secara simultan terhadap kemampuan tendangan DollyoChagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:50
Last Modified: 06 Aug 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32749

Actions (login required)

View Item View Item