Panduan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Gestalt untuk Penurunan Agresivitas Siswa

Ersya, Zikry Latupasjana (2021) Panduan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Gestalt untuk Penurunan Agresivitas Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ZIKRY_LATUPASJANA_ERSYA_18151052_1998_2021.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

AgresivitasdikalangansiswaSekolah Menengah Kejuruan semakin meningkat. Layanan bimbingan kelompok dalam pelaksanaanbimbingankonseling disekolah jarang dimanfaatkanuntuk penurunan agresivitas. Sebagianbesarkegiatanbimbingan kelompok digunakan untuk menyelesaikan permasalahan belajar, pribadi, sosial dankarir. Penelitianinibertujuan(1)menghasilkan panduan pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk penurunan agresivitas siswa yang valid secara isi dan tampilan, (2)menghasilkan panduan pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk penurunan agresivitas siswa yang praktis digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling, (3)Menghasilkan panduanlayananbimbingankelompok menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk penurunan agresivitas siswa di sekolah yangefektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation And Evaluation). Subyek penelitian remaja siswa SMK dan Guru BK di Sekolah. Validitas panduan dilakukan oleh enam ahli yang terkait dengan materi dan tampilan panduan layanan, serta uji keterpakaian dilakukan oleh tiga orang Guru BK. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kualitatif dan analisis nonparametrik dengan uji statistik Koefisien Kendall’s (W) dan uji Wilcoxon Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Panduan layananbimbingankelompok menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk penurunan agresivitas siswa di sekolahvalid dengan tingkat kelayakan materi berada pada kategori layak dengan persentase 80% dan tampilan panduan berada pada kategori sangat layak dengan persentase 90,4%, (2) Panduan layananbimbingankelompok menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk penurunan agresivitas siswa di sekolah praktis digunakan oleh Guru BK terlihat dari tingkat penggunaan panduan oleh Guru BK berada pada kategori sangat baik dengan persentase 93,3%. Adanya penurunan yang signifikan terhadap agresivitas siswa setelah implementasi panduan, artinya panduan tersebut dapat digunakan oleh Guru BK sebagai bahan pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk upaya penurunan agresivitas siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:49
Last Modified: 06 Aug 2021 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32746

Actions (login required)

View Item View Item