Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar

Oktafiani, Zakia (2021) Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ZAKIA_OKTAFIANI_16006105_1696_2021.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan gambaran kemampuan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam rentang waktu tertentu. Idealnya siswa yang ingin memperoleh prestasi belajar yang optimal memiliki tingkat kepercayaan diri yang baik. Pada kenyataannya di lapangan masih ada siswa yang kurang percaya diri dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. Akibatnya ada beberapa siswa yang memiliki prestasi belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepercayaan diri siswa di sekolah, mendeskrisikan prestasi belajar siswa di sekolah dan menguji hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Kec. Suliki yang berjumlah 957 siswa. Sampel penelitian berjumlah 282 siswa dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah angket dengan pilihan jawaban menggunakan model skala Likert. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan menggunakan teknik Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan program SPSS for Windows 22.0. Hasil penelitian ini mengungkapkan (1) kepercayaan diri siswa berada pada kategori tinggi, (2) prestasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti kepeda guru Bimbingan dan Konseling untuk mempertahankan dan mengembangkan model pelayanan sesuai dengan kebutuhan siswa, seperti layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok. Selain itu kepada guru mata pelajaran, untuk dapat memperhatikan siswa secara keseluruhan agar siswa dapat mengembangkan potensinya dengan optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:49
Last Modified: 06 Aug 2021 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32745

Actions (login required)

View Item View Item