Hubungan Self Efficacy dengan Pilihan Karir Siswa

Putri, Wulan Muliyana (2021) Hubungan Self Efficacy dengan Pilihan Karir Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_WULAN_MULIYANA_PUTRI_17006043_1643_2021.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang tidak yakin dan bingung terhadap dirinya dalam mengambil keputusan terkhususnya pada pilihan karir. kebingungan dan ketidakyakinan tersebut menimbulkan sulitnya siswa dalam menentukan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pilihan karir lanjutan siswa setelah tamat SMA untuk memilih pendidikan lanjutan atau bekerja, (2) tingkat self efficacy siswa yang akan tamat SMA untuk ke pendidikan lanjutan atau bekerja, dan (3) menemukan hubungan antara self efficacy dengan pilihan karir siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 14 Padang dan sampelnya berjumlah 150 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket berskala yang dianalisis dengan teknik skala persentase dan hubungan kedua variabel dianalisis dengan teknik Pearson Product Moment Correlation. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa (1) tingkat self efficacy siswa SMAN 14 Padang berada pada kategori tinggi dengan persentase rata-rata skor capaian 78,4%, (2) kemampuan pilihan karir siswa SMAN 14 Padang berada pada kategori tinggi dengan persentase rata-rata skor capaian 79%, (3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara self efficacy dengan pilihan karir siswa SMAN 14 Padang dengan nilai korelasi 0,446 pada taraf signifikansi 99%. Dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin tinggi self efficacy siswa maka semakin tinggi kemampuan pilhan karir pada siswa begitupun sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan konselor di SMAN 14 Padang dapat memberikan bantuan kepada siswa untuk meningkatkan self efficacy serta memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami permasalahan self efficacy khususnya dalam bidang bimbingan karir dengan materi jenis-jenis pekerjaan yang ada di masyarakat, mengenai posisi dalam lingkup suatu jabatan, mengenai persyaratan tahap dan jenis pendidikan, mengenai sistem klasifikasi jabatan, mengenai prospek masa depan berkaitan dengan kebutuhan riil masyarakat akan jenis corak atau pekerjaan tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:49
Last Modified: 06 Aug 2021 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32744

Actions (login required)

View Item View Item