Analisis Peningkatan Kinerja Pemeliharaan Mesin dengan Total Productive Maintenance (TPM) Pada Mesin Boiler Pabrik Kelapa Sawit PT. Perkebunan Nusantara VI Unit Usaha Rimbo Dua Tebo-Jambi.

Violeta, Vega Pamela (2018) Analisis Peningkatan Kinerja Pemeliharaan Mesin dengan Total Productive Maintenance (TPM) Pada Mesin Boiler Pabrik Kelapa Sawit PT. Perkebunan Nusantara VI Unit Usaha Rimbo Dua Tebo-Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_07_VEGA_PAMELA_VIOLETA_14059112_4969_2018.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penerapan Total productive Maintenance (TPM) pada PT. Perkebunan Nusantara VI Rimbo Dua bertujuan untuk meningkatkan kinerja pemeliharaan pada mesin produksi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang menggunakan analisis dari perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE), OEE Six Big Losses, Diagram pareto dan diagram sebab akibat. Hasil penelitian menunjukkan PTPN VI Rimbo Dua memiliki masalah terhadap tingkat performance mesin yang mana nilai performance perusahaan masih dibawah world class standardyaitu 71,85% (≤ 95%). Nilai OEE yang rendah (65,16%) disebabkan oleh tingginya nilai idling and minor stoppages serta speed reduced losses. Perusahaan dapat menerapkan TPM untuk memperbaiki masalah ini, yang diawali dengan merencanakan 8 pilar TPM sebagai pondasi penerapan TPM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Aug 2021 05:56
Last Modified: 05 Aug 2021 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32735

Actions (login required)

View Item View Item