Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model-Eliciting Activities (MEAs) Berbantuan Geogebra

Meisya, Sahara (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model-Eliciting Activities (MEAs) Berbantuan Geogebra. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SAHARA_MEISYA_18205043_1975_2020.pdf

Download (847kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP 1 Rambatan berdasarkan studi literatur dan analisis pendahuluan. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik disebabkan oleh kurangnya sumber belajar yang mengarahkan peserta didik untuk aktif dan dapat menemukan sendiri konsep matematika yang dipelajari. Berdasarkan permasalahan ini maka peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Model-Eliciting Activities (MEAs) berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu preliminary research, prototype phase, dan assessment phase. Pada tahap preliminary research dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, wawancara dengan guru, dan analisis karakteristik peserta didik. Pada tahap prototype phase dilaksanakan evaluasi formatif yang terdiri atas self- evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group, dan field test. Perangkat yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis MEAs berbantuan Geogebra. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP 1 Rambatan. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan tes. Data dari hasil observasi, angket dan tes dianalisis secara kuantitatif yang diperkuat dengan hasil dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD matematika berbasis MEAs berbantuan Geogebra untuk kelas VIII SMP semester II yang dihasilkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif. Valid dari aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Praktis dari segi keterlaksanaan, waktu, kemudahan dalam pengunaan dan efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika layak untuk dijadikan bahan rujukan dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:41
Last Modified: 05 Aug 2021 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32731

Actions (login required)

View Item View Item