Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan

Astuti, Winda (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WINDA_ASTUTI_17129098_2095_2021.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dilapangan yang menunjukkan kurangnya guru melibatkan peserta didik dalam menggali dan menemukan sendiri konsep dan belum memotivasi peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran, hal ini terlihat saat memulai pembelajaran guru langsung masuk ke topik pembelajaran. Sehingga hasil belajar peserta didik belum mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 28 orang yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan non-tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh presentase 79,16% dan pada siklus II meningkat menjadi 94.44%. Hasil pengamatan aspek guru siklus I memperoleh 82,14% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Hasil pengamatan aspek peserta didik pada siklus I memperoleh 82.14% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan yaitu 76,72 dengan persentase ketuntasan 69,64% dan meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan menjadi 89 dengan persentase ketuntasan 96,42%. Penelitian ini menunjukkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV SDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:49
Last Modified: 06 Aug 2021 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32730

Actions (login required)

View Item View Item