Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Negeri Pembina Timpeh Kab Dharmasraya

Darmiatun, Siti (2021) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Negeri Pembina Timpeh Kab Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SITI_DARMIATUN_18330042_2897_2021.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti pada riset awal. Proses pembelajaran di sekolah belum ada menggunakan game edukasi berbasis android untuk meningkatkan kemmpuan membaca anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan game edukasi berbasis android untuk anak usia dini. Peneliti perlu memecahkan masalah ini melalui penelitian R & D (Research and Development) dengan model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development,implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil Validasi pengembangan game edukasi berbasis android layak digunakan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh Ahli materi yaitu 0,807 dan dengan hasil rata—rata Aiken’s V oleh Ahli Media yaitu 0,80. Hasil praktikalitas game edukasi berbasis android dinyakan sangat praktis dengan hasil rata-rata persentase yaitu 84,4% sangat praktis. Hasil persentase efektivitas yaitu 81,25% (efektif) dengan game edukasi sangat berhasil untuk digunakan. Dapat disimpulkan game edukasi berbasis android untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di Kab Dharmasraya dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:41
Last Modified: 05 Aug 2021 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32728

Actions (login required)

View Item View Item