Pengembangan E-Module Matematika Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 untuk Peserta Didik SMA Kelas X.

Ilmi, Riadi (2020) Pengembangan E-Module Matematika Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 untuk Peserta Didik SMA Kelas X. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIADI_ILMI_18205038_2152_2020.pdf.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik e-module matematika berbasis android yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA. E-Module mt menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu preliminary research, development or prototyping phase dan assessment phase. Subjek penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas X MIPA5 SMAN 5 Pekanbaru. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik dan tes hasil belajar matematika. E-module matematika dikatakan valid jika memenuhi validitas isi dan konstruk. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi yang memuat aspek penyajian, kelayakan 1s1 dan materi, tampilan dan bahasa. Kepraktisan dilihat dari kemudahan dalam menggunakan e-module. Keefektifan dikatakan kategori baik apabila berada pada interval besar dari 60%. Pada penelitian ini diperoleh e-module matematika yang valid, praktis dan efektif. E-module matematika valid dengan basil 3 ,54 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan diperoleh berdasarkan angket respon guru dan peserta didik.a Hasil angket untuk respon guru diperoleh nilai pratikalitas 83,33 % dengan kategori praktis. Sedangkan untuk angket peserta didik diperoleh nilai pratikalitas 82, 15% dengan kategori praktis. Keefektifan mencapai kategori efektif ditinjau dari hasil belajar matematika. Dari hasil tes diperoleh bahwa peserta didik yang tuntas pada tes I yaitu 65,71 % dan pada tes II yakni 74,29%. Berdasarkan persentase ketuntasan maka kategori efektif berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-module matematika berbasis android untuk SMA kelas X yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:40
Last Modified: 05 Aug 2021 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32718

Actions (login required)

View Item View Item