Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP

Putra, Randi (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RANDI_PUTRA_17205069_1966_2020.pdf

Download (752kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 27 Kerinci pada tanggal 20-21 Maret 2019 diperoleh informasi bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan pada proses pengajaran guru masih menggunakan sumber belajar yang hanya mendukung pembelajaran secara konvensional. Oleh sebab itu, dirancang suatu perangkat pembelajaran berbasis Konflik Kognitif yang diimplementasikan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Perserta didik (LKPD). Penelitian ini dilaksanakan menggunakan design research yaitu model Plomp. Model ini memiliki tiga tahap yaitu tahap pendahuluan (preliminary investigation), tahap pembuatan prototipe (prototyping stage), dan tahap penilaian (assessment jhase). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 27 Kerinci. Instrumen pengumpulan data yang digunakan: tes akhir, lembar observasi, lembar wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan teknik deskriptif, yaitu mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektifitas perangkat pembelajaran melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Perserta didik (LKPD) berbasis Konflik Kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Perserta didik (LKPD) berbasis Konflik Kognitif sudah valid dengan karakteristik telah menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), penyajian yang sudah lengkap baik itu identitas, materi maupun langkah- langkah penggunaannya serta dengan desain yang mampu menarik minat belajar perserta didik. Praktis dengan karakteristik mudah untuk digunakan dan dipahami, alokasi waktu yang ditentukan sangat efisien, sangat menarik dan berkontribusi terhadap pembelajaran bentuk aljabar. Efektif dengan karakteristik telah mampu memberikan dampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:13
Last Modified: 04 Aug 2021 06:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32714

Actions (login required)

View Item View Item