Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SD

Febrina, Reysa (2021) Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_REYSA_FEBRINA_17129259_2793_2021.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika karena dalam proses pembelajaran kurang diterapkannya penggunaan media yang mampu meningkatkan partisipasi aktif dan menarik minat siswa khususnya pada pembelajaran matematika di era modern saat ini, serta konsep yang dipelajari kurang dikaitkan dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen bentuk Quasi Experimental Design, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat yang terdiri dari kelas IV.A, IV.B, IV.C, dan IV.D. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling, sehingga terpilih dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas IV.B sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 siswa, dan kelas IV.C sebagai kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil posttest yang diperoleh terlihat bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan video animasi lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan video animasi di kelas kontrol. Perolehan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 46,21 dan kelas kontrol sebesar 46,67. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen, diperoleh ratarata posttest 76,55 pada kelas eksperimen dan 67,62 pada kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, diperoleh thitung = 2,826 dan ttabel = 2,004 pada taraf signifikansi 5% (0,05). Sehingga nilai thitung > ttabel dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:12
Last Modified: 04 Aug 2021 06:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32712

Actions (login required)

View Item View Item