Argusni, Rika (2019) Pelaksanaan Model Problem Based Learning Untuk Meingkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
A_04_RIKA_ARGUSNI_4555_15058093_2019.pdf Download (469kB) | Preview |
Abstract
Penelitian inidilakukan di SMAN16 Padang yang dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan Problem Solving siswa dalam pembelajaran Sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan Problem Solving siswa dalam mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru mata pelajaran Sosiologi terutama di SMAN 16 Padang dalam meningkatkan kemampuan Problem Solving siswa sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapaidenganbaik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Problem Based Learning yang dilakukan dalam dua siklus selama enam kali pertemuan. Objek dalam penelitian iniadalah siswakelas XIIIS SMAN16 Padang, semester genap tahun 2019 yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian tentang kemampuan Problem Solving siswa dalam proses pembelajaran Sosiologi diolah menggunakan rumus persentase P=(F/N)X100%. Persentase peningkatan kemampuan Problem Solving siswa pada siklus I 51,5% dan siklus II naik menjadi 84%, berarti terjadi peningkatan kemampuan Problem Solving siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan Problem Solving siswa kelas XI IIS SMAN 16 Padang karena siswa sudah mampuuntukberfikirdalampenyelesaikanmasalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1 |
Depositing User: | Mrs Risna Juita |
Date Deposited: | 04 Aug 2021 06:12 |
Last Modified: | 04 Aug 2021 06:12 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32708 |
Actions (login required)
View Item |