Pengembangan Media Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi dalam Meningkatkan Tiga Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun

Gusliati, Pitria (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi dalam Meningkatkan Tiga Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_PITRIA_GUSLIATI_18330022_3216_2020.pdf

Download (612kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang ditemukan peneliti pada riset awal. Khususnya mengenai media pembelajaran dalam mengenalkan longsor dan banjir masih kurang melibatkan multisensori anak usia dini. Hal ini disebabkan karena keterbatasan media yang melibatkan multisensori anak usia dini. Untuk itu, peneliti perlu memecahkan masalah ini melalui penelitian pengembangan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan media pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan formulasi statistik sederhana untuk melihat validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi. Ujicoba terbatas dilakukan di kelas B6 TK Sabbihisma 2 Padang. Implementasi dilaksanakan di kelas B2 dan B5 TK Sabbihisma 2 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran sains memiliki validitas dengan kategori sangat valid. Praktikalitas media pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi dan panduan penggunaannya berada pada kategori sangat praktis. Selanjutnya, efektivitas media pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi dalam meningkatkan tiga aspek perkembangan anak usia 5-6 tahun tergolong pada kategori efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi dalam meningkatkan tiga aspek perkembangan anak dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:12
Last Modified: 04 Aug 2021 06:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32707

Actions (login required)

View Item View Item