Perilaku Belajar Mahasiswa Pecandu Smartphone(Studi kasus: Mahasiswa Jurusan Sosiologi FIS UNP)

Febrian, Redy (2019) Perilaku Belajar Mahasiswa Pecandu Smartphone(Studi kasus: Mahasiswa Jurusan Sosiologi FIS UNP). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_REDY_FEBRIAN_4190_15058031_2019.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Perilaku belajar merupakan segala bentuk perilaku yang ada dalam proses pembelajaran. Proses perkuliahan di perguruan tinggi juga merupakan proses dari belajar yang dijalani mahasiswa. Media pembelajaran juga cukup beragam. Salah satunya adalah penggunanaan teknologi berbasis internet. Internet dapat diakses menggunakan smartphone. Mahasiswa yang pecandu smartphone memanfaatkan keadaan ini dengan baik. Mereka memanfaatkan smartphone untuk hal yang berhubungan dengan perkuliahan dan juga hal yang tidak berhubungan dengan perkuliahan. Ketergantungan mahasiswa terhadap smartphone menimbulkan perilaku-perilaku unik dalam proses perkuliahan dan menarik untuk dikaji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa terdapat beberapa perilaku belajar yang dimiliki mahasiswa pecandu smartphone yaitu kebiasaan memilih tempat duduk yang strategis, perilaku afektif terhadap dosen tertentu, perilaku menyimpang menggunakan smartphone saat perkuliahan, mengutamakan smartphone dalam mencari informasi dan menyelesaikan tugas, perilaku disiplin menyelesaikan tugas, dan berfikir menghadapi ujian dengan jujur. Hasil penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teori Tindakan Sosial dari Max weber.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:12
Last Modified: 04 Aug 2021 06:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32704

Actions (login required)

View Item View Item