Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas VB SDN 27 Anak Air Padang

Wulandari, Pritiwi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas VB SDN 27 Anak Air Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_PRITIWI_WULANDARI_17129069_2842_2021.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan dalam proses pembelajaran guru masih terfokus pada tujuan pembelajaran yang ada di buku guru, kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Talking Stick di kelas V. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas V yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Pendekatanyang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan non tes. Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar diukur dengan lembar pengamaran RPP, lembar pengamatan pelaksaan pembelajaran aspek guru dan peserta didik, serta hasil tes berupa soal-soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 76,38% (cukup) dan siklus II 94,44% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 76,97% (baik) dan siklus II 96,05% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 76,97% (baik), dan siklus II 96,05% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 75,47 dan siklus II dengan rata-rata 91,60, d) pengetahuan siklus I rata-rata 75,54 dan siklus II 91,60 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Kooperatif Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:11
Last Modified: 04 Aug 2021 06:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32702

Actions (login required)

View Item View Item