Efektivitas Video Tutorial dalam Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Bantalan Jarum bagi Anak Tunagrahita Ringan(Pre-Eksperimental Design Kelas XI di SLB YPPLB Padang)

Wulanda, Noveria Nela (2021) Efektivitas Video Tutorial dalam Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Bantalan Jarum bagi Anak Tunagrahita Ringan(Pre-Eksperimental Design Kelas XI di SLB YPPLB Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NOVERIA_NELA_WULANDA_16003035_1899_2021.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan membuat souvenir bantalan jarum bagi anak tunagrahita. penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan media video tutorial efektif digunakan dalam membuat souvenir bantalan jarum pada anak tunagrahita kelas XI di SLB YPPLB Padang. Bentuk desain yang digunakan adalah berbentuk Pre eksperimen designdengan jenis one group pretest-posttets. Teknik pengumpulan data adalah berbentuk tes perbuatan berupa pretestuntuk mengetahui kemampuan awal anak dalam membuat souvenir bantalan jarum, selanjutnya diberikan Treatment dengan menggunakan video tutorial dan dilanjutkan dengan Posttest untuk melihat kemampuan anak setelah diberi perlakuan diolah dan dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Test. Dari hasil penelitian uji statistik yang telah dilakukan menggunakan program SPSS 23 dan diperoleh nilai rata-rata Pretest adalah 46,20 sedangkan untuk Posttestdiperoleh nilai rata-rata 92,20. data diolah menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai rank test antara pretest dan posttest 2,041 dengan Asym Sig. (2-tailed) 0,041. probabilitas yang telah ditetapkan α = 0,05. Hipotesis alternative diterima karena probabilitas < dari probabilitas yang telah ditetapkan 0,041 < 0,05. Jadi terbukti bahwa penggunaan video tutorial efektif digunakan dalam keterampilann vokasional membuat souvenir bantalan jarum bagi anak tunagrahita ringan. diharapkan agar guru dapat menggunakan video tutorial dalam pembelajaran keterampilan vokasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:11
Last Modified: 04 Aug 2021 06:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32698

Actions (login required)

View Item View Item